Jumat, 14 Juli 2017

CARA LOGIN SISPENA S/M AKREDITASI 2017


Assalamu'alaikum....
Sebagaimana kita ketahui, SISPENA adalah sistem informasi penilaian akreditasi sekolah berbasis web , aplikasi sispena bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat pengguna terhubung dengan internet. Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M).
BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP S/M merupakan sebuah sistem yang menggunakan multilevel user. Dimana dalam penggunaanya setiap user akan dibedakan menjadi 4 Level. diantaranya adalah:

  1. Level Sekolah : yaitu digunakan oleh user yang mewakili masing-masing sekolah, dimana pada level ini konten yang ada didalamnya berbagai menu untuk input data dari pihak sekolah/madrasah serta untuk melakukan simulasi penilaian evaluasi dan lain sebagainya. 
  2. Level Asesor : yaitu akun yang dimiliki oleh seorang assesor. 
  3. Level BAP : yaitu akun / hak akses yang dimiliki oleh admin BAP. 
  4. Level Admin : yaitu level tertinggi pada hak akses di situs sispena, pada tataran level ini seorang admin mampu mengakses seluruh isi / konten website, termasuk melakukan control web dan maintance web.


Adapun manfaat dari Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP S/M adalah: 
  1. Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP digunakan untuk melakukan pendataan sekolah/madrasah yang hendak diakreditasi.
  2. Aplikasi sispena BAN SM dan BAP digunakan untuk melakukan pengiriman berkas-berkas / dokumen persyaratan akreditasi dengan cara online. Persyaratan berkas akreditasi tidak perlu dikirim dalam bentuk hardcopy. anda cukup mendownload format yang sudah disediakan lalu mengupload melalui akun sekolah masing-masing di aplikasi sispena. 
  3. Aplikasi sispena BAN S/M dan BAP digunakan untuk melakukan penilaian terhadap sekolah yang diakreditasi. Semua instrumen penilian akreditasi akan di muat didalam aplikasi sispena ini. Sekolah/Madrasah melalui kepala atau operator atau guru yang diberi kewenangan untuk mengoperasikan aplikasi sispena mengisi dengan cara menjawab pertanyaan dari instrumen-instrumen penilaian yang ada didalam aplikasi sispena. Kemudian asesor hanya tinggal melakukan koreksi dan sinkronasi antara jawaban hasil pengisian instrumen penilaian akreditasi dengan bukti-bukti dokumen yang sudah diupload. 
  4. Aplikasi sispena BAN SM atau BAP mampu melakukan penilaian otomatis kepada sekolah/madrasah yang di akreditasi melalui analisa hasil dari pengumpulan data berupa jawaban atas pertanyaan berupa instrumen-instrumen serta dokumen-dokumen yang sudah diupload pihak sekolah/madrasah. Jadi asesor tidak perlu menghitung nilai akhir. semua sudah dilakukan oleh aplikasi sispena.

Bagaimana cara Login Aplikasi Sispena BAN SM / BAP. Meskipun caranya cukup mudah namun masih ada diantara kita yang belum sepenuhnya paham langkah-langkah login di sispena BAN SM. Berikut ini cara login sispena BAN SM atau BAP.

A. Cara Login Sispena BAN S/M 

Pertama:
Masuk ke situs: http://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login

Kedua:
silahkan masukan user dan password, jika anda belum pernah mengganti password maka untuk user dan password default adalah nomor NPSN anda, user : “nomor npsn” password : nomor npsn. ingat yang dimasukan adalah nomornya bukan diketikan “NPSN”. Lalu Klik CAPTCHA atau centang tulisan Saya Bukan Robot. Jika muncul pilihan gambar setelah diklik tulisan Saya Bukan Robot, pilih gambar sesuai perintah kemudian klik Verifikasi.

Jika sudah anda tinggal klik “Login” Setelah berhasil masuk ke halaman sispenabap.bansm.or.id maka Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS.

untuk langkah selanjutnya, silahkan tonton video dibawah ini atau kunjungi LINK BERIKUT







Anda menyukai artikel ini?
Share/Bookmark

0 comments:

Posting Komentar