Minggu, 21 Februari 2010

Kecamatan Tebas siap Pecahkan Rekor MURI

Foto: Kerangka Replika Jeruk Raksasa (depan Pentas MTQ Polsek Tebas) 

             Masyarakat Kecamatan Tebas siap memecahkan rekor Muri replika jeruk terbesar di Indonesia. Hal ini dikemukakan Panitia Pecah Rekor Muri Ferdinan Solihan kemarin.“Rekor muri yang akan dipecahkan dengan tinggi lima meter, diameter enam meter an rangkaian jeruk sebanyak 16.000 buah. Insya Allah pemecahan rekor ini dilaksanakan 2 Maret 2010 yang bertepatan dengan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-24 tingkat Kabupaten Sambas di Kecamatan Tebas,” katanya di Tebas.
Ia mengatakan pembuatan replika jeruk terbesar dengan alasan Kabupaten Sambas merupakan daerah penghasil jeruk. Menurutnya, lebih kurang 12 ribu hektar kebun jeruk tersebar di 18 kecamatan. “Hal ini memotivasi kami membuat replika jeruk terbesar di Indonesia. Rencananya replika jeruk dibuat dengan jeruk asli, dengan ukurang jeruk AB atau berdiameter 6,5 centimeter sebanyak 14 ribu hingga 16 ribu buah,” jelas Ferdinan.Menurutnya, pengajuan mendapatkan sertifikat Muri sedang dilakukan panitia dan telah disetujui Paulus Pangka sebagai Senior Manager Muri. Dikatakannya, pengajuan ini telah disampaikan Ketua Penggagas Replika Jeruk yakni Heryanto.“Perancang replika jeruk terbesa yakni Supriani. Saat ini pengerjaan rangka replika jeruk sudah memasuki tahap 60 persen. Ada pun yang mengerjakan replika ini yakni Hifni, Indra dan Faisal, sementara jeruk diperoleh dari tempat pelayanan koperasi dan swadaya masyarakat pemilik kebun jeruk,” paparnya.
            Ferdinan mengatakan mengundang secara terbuka seluruh masyarakat Kalimantan Barat mau pun media massa baik cetak dan elektronik. Ia mengungkapkan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sambas khususnya Kecamatan Tebas.“Mudah-mudahan rencana yang dibuat penggagas ini dapat berjalan sesuai harapan. Sehingga rekor jeruk terbesar yang selama ini dipegang Kabupaten Barito Kuala pada ulang tahun daerah itu ke 48, tanggal 04 Januari 2007. Rangkaian buah jeruk terbanyak, 11.818 buah jeruk dengan ukuran diameter 3,16 meter dan tinggi 4,03 meter,” ungkapnya


Sumber: Pontianak Post

0 comments:

Posting Komentar