Senin, 18 Mei 2020

CARA MENGAKTIFKAN DAN MENGHAPUS BKU YANG SUDAH DITUTUP/TERKUNCI PADA RKAS VERSI 2.04



 
Proses tahapan selanjutnya setelah Anggaran RKAS disetujui Dinas adalah melakukan input Penatausahaan, yaitu sebuah tahapan/proses untuk melakukan pelaporan dan pencatatan transaksi kas masuk dan keluar baik di Kas Tuna maupun di Kas Bank. Proses penatausahaan juga digunakan untuk melakukan pertanggungjawaban dengan cara membuat SPJ Pengguanaan Dana BOS disetiap triwulan/ per tahap.
Untuk memulai proses ini, yang perlu dilakukan adalah:

1.       Aktivasi Buku Kas Umum (BKU)
Caranya:
Klik Menu Penatausahaan, kemudian pilih tabulasi Aktivasi BKU lalu pilih Sumber Dana. Pilih Bulan yang akan diaktifkan dengan cara klik pada tombol Nama Bulan.
2.       Penutupan BKU
Jika pada bulan tersebut sudah selesai input SPJ atau mungkin tidak ada transaksi maka BKU dapat langsung ditutup dengan cara menekan tombol Nama Bulan tersebut dan input Bunga Bank dan Pajak Bank sesuai cetak rekening koran.
Setelah BKU ditutup, maka BKU bulan berikutnya akan aktif dan BKU bulan sebelumnya sudah terkunci sehingga TIDAK DAPAT DI EDIT lagi.
3.       Mengaktifkan kembali BKU yang sudah terkunci
Apabila terjadi kesalahan input SPJ atau transaksi pada bulan sebelumnya, sementara BKU tersebut sudah ditutup dan terkunci maka solusinya adalah dengan MENGHAPUS BKU bulan terakhir yang sedang aktif.
Catatan: Untuk melakukan proses ini, aplikasi WAJIB TERHUBUNG KE INTERNET agar tombol Hapus BKU aktif.

Setelah BKU berhasil dihapus, maka langsung akan diarahkan pada BKU bulan sebelumnya dan sudah bisa dilakukan perbaikan.

Demikian ulasan singkat tentang cara menghapus dan mengaktifkan BKU yang sudah terkunci pada RKAS Versi 2.04 ini, semoga bermanfaat.

Tonton video tutorial dan ulasannya  DISINI


Anda menyukai artikel ini?
Share/Bookmark

6 comments:

  1. Pak saya mau tanya kalo kita salah dalaam penerimaan transfer gimana saat aktivasi bku bulan mei gimana. Soal nya terisi dua kali penerimaan transfer. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Maaf baru balas. Bisa diperbaiki dengan menghapus BKU pada bulan setelahnya sehingga akan kembali pada bulan yang salah. Silakan tonton videonya agar lebih jelas.

      Hapus
  2. Mhon maaf Pak... Bagaimana caranya untuk mengembalikan semua bulan yang sudah terhapus dan terkunci kembali ke bulan Januari pada BKU pak... Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  3. Pak. Mau tanya... Saya lg mengumpul spj... Tanpa sadar Saya terpencet spj non tunai Bagaimana pengembalikan ke spj tunai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika BKU blm ditutup, spj nya bisa lgsung dihapus saja belanja yg salah tadi dan input ulang ke SPJ tunai. Jika BKU nya udah ditutup maka lakukan pengajuan Hapus BKU utk mengembalikan Bku yg sudah ditutup dan dikunci.

      Hapus