Kamis, 18 Agustus 2022

Mengatasi Teguran Panduan Komunitas Pada Channel YouTube | Solving Community Guidelines Strikes On YouTube

 

 

Jika anda seorang Content Creator YouTube, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Teguran Panduan Komunitas, Teguran Hak Cipta dan sebagainya.

Nah.. kebetulan baru-baru ini channel YouTube saya

kembali mendapatkan teguran untuk kedua kalinya, dan kali ini channel saya diberikan Strike Pertama karena sebelumnya channel saya sudah mendapat peringatan dari YouTube bahwa salah satu video saya melanggar pedoman komunitas. Dan untuk yang ke-2 ini, teguran tersebut lumayan keras karena channel saya diberikan "Strike" pelanggaran tentang "Pelecehan, Ancaman dan Cyberbulliying" dari YouTube. Tentu hal tersebut sangat mengecewakan dikarenakan saya sendiri tidak merasa pernah membuat video yang melecehkan apalagi membully seseorang.



Namun meskipun demikian, saya sudah berusaha untuik mengajukan banding kepada Tim Youtube dan alhasil..... banding saya DITOLAK sehingga video saya tersebut dihapus oleh Youtub. Saat ini Youtube sangat ketat dalam hal penerapan Community Guideline-nya, dengan kata lain kalian harus ekstra hati-hati dalam membuat konten dan selalu belajar dari Pedoman Komunitas Youtube sebelum membuat kontenmu.

Nah... pada artikel ini, saya hanya akan berbagi bagaimana mengatasi Strike pada channel kita sehingga bisa dihapus oleh Tim Youtube. Yang saya lakukan adalah:
1. Kembali mempelajari secara seksama tentang Pedoman Komunitas Youtube
2. Mengajukan Banding (Apeal) kepada Tim Youtube apabila jika yakin video kita tidak melanggar. Ingat, dalam mengajukan banding, yang terpenting adalah kita memohon dan meminta maaf kepada Tim Youtube dan membuat pernyataan tidak akan membuat video yang bertentangan dengan Pedoman Komunitas Youtube
4. Agar banding kita cepat di tindak lanjuti, maka gunakan bahasa Inggris yang baik. Bisa gunakan Google Translate. 😁
5. Selain mengajukan banding di Youtube, saya juga menghubungi Tim Youtube di Twitter dengan mengirim skrinsut dari isi email teguran dan channel saya. Tinggal cari akun twitter @TeamYouTube
6. Adapun isi dari kalimat banding yang saya ajukan kira-kira seperti ini:

    Dear Youtube Team
    I recently reviewed my video which was deemed to be in violation of the Harassment & cyberbullying Policy. I apologize in advance, if indeed my video has violated YouTube's policy standards. But please give me a hint which part of my video is violating? I think in the video I only provide solutions and help others problems. And there are many similar videos, but in my video it is another alternative they can try.
    Once again I apologize if my video really violates youtube policies, but please review it again and please remove strike on my channel. Thank you

 My video: (isikan link video kita yang di hapus YouTube)
 My Channel: (Isikan link channel kita)

Kira-kita begitu isi dari kalimat banding yang saya ajukan, tentunya sesuaikan saja dengan jenis teguran yang kalian dapatkan, dan sebutkan tentang isi dari video kalian.

Setelah kurang lebih 2 hari, saya mendapat balasan email dati Youtube, Alhamdulillah bahwa channel saya telah dipulihkan dan Alhamdulillah lagi teguran dichannel saya sudah dihapus. Namun demikian, oleh karena banding saya ditolak, maka video saya tetap dihapus. 😥
 
Ya.. itu mungkin sanksi yang harus saya terima. Tapi pada intinya dengan melakukan upaya banding, maka ada peluang video kita dapat dipulihkan.

Demikian... semoga bermanfaat.

Anda menyukai artikel ini?
Share/Bookmark

0 comments:

Posting Komentar